Minggu, 04 April 2010

Kutipan Bahasa Indonesia

TEKNIK REFERENCING
Untuk menghilangkan praktik plagiarisme, mahasiswa wajib mencantumkan nama orang yang idenya digunakan dalam tesis. Cara tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan teknik kutipan yang benar.

KUTIPAN LANGSUNG

Kutipan langsung harus sama dengan aslinya, baik mengenai susunan kata-katanya, ejaannya maupun mengenai tanda bacanya. Kutipan harus merujuk dengan jelas tahun dan halaman yang dikutip. Apabila ada bagian dari kalimat yang dipotong, maka bagian yang dipotong tersebut harus diganti dan diberi tanda ellipsis (…). Tanda ini dapat diambil dari Microsoft Word (pilih Insert, pilih Symbol, pilih Special Character, pilih ellipsis).

Contoh:
Wolk, et al. (2004, p.288) melihat pelaporan keuangan sebagai “an umbrella term to cover both financial statements themselves and the additional types of information…”. Oleh karena itu.....

Kutipan yang panjangnya kurang dari 3 baris dimasukkan ke dalam teks biasa berspasi 2 dan diberi tanda kutip (“ ”). Kutipan yang panjangnya 3 baris atau lebih diketik dengan mengosongkan 4 karakter dari kiri dengan jarak 1 spasi.


a Kutipan kurang dari tiga baris:

Pandangan ini sejalan dengan pendapat Hopwood, et al. (1994, p.228) yang mengatakan bahwa “akuntansi tidak dapat dipisahkan dan dianalisis sebagai praktik yang lepas dari aspek budaya”. Dengan demikian...bla....bla...bla......

b. Kutipan 3 tiga baris atau lebih:

Hal ini dapat dilihat dari pernyataan Hopper, et al (1995, p.528) bahwa:

In constructing reality accountant simultaneously construct it (Hines 1988) and accounting is a social practice…an not merely a market practice guide by equilibrium in an efficient market...


Apabila terdapat istilah, kata-kata, atau frase yang kita tambahkan kedalam kutipan langsung, maka tambahan tersebut harus diapit tanda [ ]. Contoh:


“The essence of QFR [quality financial reporting] is that manager will be able to raise capital at lower and enjoy many other advantages…”(Miller dan Bahnson 2002, p.xxii)


Tanda [quality financial reporting] pada kutipan tersebut berarti penulis menambahkan kata quality financial reporting pada kutipan aslinya.

KUTIPAN TIDAK LANGSUNG
Kutipan tidak langsung adalah kutipan yang tidak sama persis kata-katanya atau kalimatnya dengan sumber aslinya. Kutipan tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan kalimat sendiri tanpa mengubah ide utama dari orang yang kita kutip. Cara mengacu atau mengutip tulisan orang lain dengan kutipan tidak langsung dapat dilakukan sesuai contoh berikut:

Ghozali (1999) mengemukakan bahwa ………………………… (lihat juga Dearden 1998)

atau

Menurut Hongren (1999)………………….., sedangkan Anthony (2000) lebih jauh menyatakan………………


Apabila kutipan diambil dari sumber yang dikutip dari orang lain, maka cara mengutip dapat dilakukan berikut ini:

Menurut Belkaoui (dikutip oleh Chariri dan Ghozali 2003), tidak ada teori akuntansi yang bersifat komprehansif

Cara mengutip dengan cara ini (kutipan dalam kutipan) sebaiknya dihindari dengan berusaha mencari sumber referensi aslinya (sumber pustaka primer). Cara ini baru boleh dilakukan jika memang sumber pustaka tersebut betul-betul tidak dapat ditemukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar